Best Island
Beautiful Island
Beautiful Beach

Wednesday, April 20, 2011

TENSES (PAST)

A. Simple Past Tense
  • S + Verb 2 + O + Keterangan Waktu
Simple Past Tense dapat digunakan untuk:
  1. Menyatakan suatu peristiwa/perbuatan yang sudah dilakukan dan telah selesai di waktu sama yang lalu. Contoh: We went to the mart yesterday
  2. Menyatakan perbuatan yang terjadi mungkin berulang di masa lalu. Contoh: I often sent him letter last year.
Keterangan waktu yang sering digunakan: yesterday, last night, last, last week, just now, two days ago.

B. Past Continuous Tense
  • You / They / We + Were + Verb-ing
  • I / He / She / It + Was + Verb-ing
Past Continuous Tense digunakan untuk:
  1.  Menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang sedang terjadi pada waktu lampau. Contoh: I was reading a newspaper yesterday.
  2. Menyatakan suatu peristiwa, kejadian dan perbuatan yang belum selesai ketika perbuatan lain sudah dilaksanakan atau terjadi. Contoh: They were working when I came here.
  3. Menyatakan dua peristiwa, kejadian, dan perbuatan yang terjadi pada waktu yang sama pada waktu lampau. Contoh: He was studying while I was coming to his house.
  4. Menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang terjaddi secara bertahap. Contoh: Rika was growing up.

C. Past Perfect Tense
  • S + Had + Verb 3 + O + Keterangan
Past Perfect Tense digunakan untuk:
  1. Menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang sudah dilakukan di masa lampau. Contoh: I had gone Jakarta with my family.
  2. Menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang telah terjadi sebelum saat tertentu di masa depan. Contoh: I had done my home work before nine o'clock.
  3. Menyatakan suatu peristiwa, kejadian, dan perbuatan yang sudah selesai sebelum perbuatan lain terjadi. Contoh: She had fallen before I help her.
D. Past Perfect Continuous Tense
  • S + Had + Been + Verb-ing + O
Past Perfect Continuous Tense digunakan untuk:
  1. Menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi terus menerus pada waktu lampau. Contoh: We had been working in Malang.
  2. Menyatakan suatu peristiwa atau kejadian dan perbuatan yang berlangsung selama beberapa waktu di masa lampau. Contoh: She had been living here for four years.
  3. Menyatakan suatu perbuatan yang dikerjakan pada waktu lampau dan sedang berlangsung pada masa lampau. Contoh: I had been going to the market.
  4. Menyatakan suatu peristiwa yang terjadi pada waktu lampau. Contoh: She had been cooking the rice when her mother went to the market.


No comments:

Post a Comment