Best Island
Beautiful Island
Beautiful Beach

Monday, March 21, 2011

forever and always 2 : P.26


PART 26
NOW, I KNOW IT ALL.

Hp gw berbunyi, pas gw liat siapa yang nelfon ternyata dari Yuri. Sekarang jam setengah satu siang, awal bulan, awal minggu. Ternyata Yuri ngajakin makan siang bareng. Udah semingguan ini gw pergi keluar mulu sama Yuri. Entah makan siang, makan malem, nonton, shopping, pokoknya sering. Tanggapan orang-orang rumah sih seneng-seneng aja, apalagi Vera. Ya dia emang bukan orang rumah, tapi dia yang paling bersemangat gw lagi sering pergi sama Yuri.
Siang ini kita, gw dan Yuri, makan di salah satu restaurant yang khusus pasta. Kemaren-kemaren kalau pergi makan selalu Yuri yang milih, jadi rata-rata di resto favorit dia. Nah karena gw ‘penggila’ pasta, tanda kutip, so I decided to have lunch in my favorite restaurant.
“Pas lo ke Italy bahagia dong lo?”
“Surga banget. Harus banget ke sana lagi kalau ada kesempatan. Hahaha.”
“Di Australia juga banyak kok tempat pasta yang enak.”
“Yee di sini juga banyak Yur.”
Baru mau menyantap pesanan gw yang amat menggiurkan ini, si Vera nelfon. Emang tadi pas Yuri ngejemput gw ngabarin ke Vera mau pergi sama dia. Tapi gak dapat respon apapun dari dia. Gw kira dia udah gak peduli, gak excited lagi gw pergi sama Yuri. Dan ternyata gw salah. Dia nelfon dan gw abis di caci maki sama dia. Kenapa jalannya cuman berdua lah, kenapa cuman makan siang, kenapa lalalalala. Tapi di baik caci makinya dia, gw tau dia puas nge-cie-in gw.
“Abis ini mau kemana?”
“Heh? Lo gak balik ke kantor, Yur? Gw kayaknya mau ketemuan sama orang.”
“Orang? Gw gak ada kerjaan lagi sih di kantor, mau gw temenin?”
“Eeehh gak usah.”
Setelah dari sini gw ada janji ketemuan sama Sam, kakaknya William. Dia mau perpisahan sama gw, soalnya dia ikut pindah ke Amerika. Dia udah tau gw dan adeknya udah putus, dan dia bilang dia sedih banget tau gw putus sama William.  Dan ntar dia mau ngebahas sedikit tentang William dan gw.  masikah gw ngerasa bersalah sama William? Iya, masih. Gw ngerasa gak ngasih hak bicara, gw langsung minta putus tanpa tau alesan sebenarnya dia tiba-tiba menghilang. Dan hal itu yang bikin gw murung 4 bulan belakangan ini. Gw ngerasa bersalah banget, gw takut tindakan gw nyakitin perasaan dia.
“William?”
Yuri meletakan sendok dan garpu yang dia pegang di meja. Mukanya langsung suntuk.
“Lo kok susah dibilangin sih, Lov? Keras kepala banget.”
Kan kan kan, emang gak bisa deh gw sama Yuri jadi temen baik. Nyari ribut mulu. Jelas kan, selama ini kalau gw dan dia berantem pasti dia yang mulai duluan. Gara-gara kesoktauan dia jadi ribut. Nadanya aja tadi udah tinggi, udah nyebelin.
“Sok tau!!! William kan di U.S sekarang, udah deh gak usah nyari ribut.”
“Jujur deh sama gw, do you still love him?”
Diem. Gw diem. Gw mendapatkan hidup gw kembali tapi gw belom siap menjawab pertanyaan itu, pertanyaan yang kalau gw tanya ke diri sendiri juga masih gak tau jawabannya apa.
“Susah untuk dijawab? Orang kayak gitu aja susah banget Lov buat di lupain.”
“Orang kayak gitu?! Orang kayak apa yang lo maksud?! Gak usah ngejudgje orang yang gak lo kenal deh Yur. Gak suka gw!!!”
Mood makan gw ilang. Gw mengambil beberapa lembar uang dan menarohnya di meja. I’m done. Selera makan gw ilang. Gak pernah suka gw sama orang-orang kayak dia nih, kayak Yuri. Gw berjalan ke luar restaurant, dan menanti taxi dateng.
“Kenapa lo sensi banget sih? Hah? Udah deh Lov, gak usah nyakitin diri sendiri.”
“Kalo lo mau temenan sama gw, lo harus terima semua sejarah gw, termasuk William. Walaupun dia udah nyakitin dia, tetep dia bagian dari cerita gw. bisa gak lebih sopan lagi nilai orang? Lo pikir lo lebih baik dari dia?”
“Setidaknya gw gak ngegantungin lo berbulan-bulan kan?”
“Gak ngegantungin gw? ngaca Yur. Udah pernah lo ngegituin gw. perlu gw sebutin lagi? Enggak kan?!!”
Gw nyetop taxi yang lewat di depan gw. gw langsung masuk ke dalam taxi dan menyuruh supir nya pergi cepet-cepet dari tempat itu. Perlu gw sebutin? Mau flashback lagi? Gila yah, gw kira seminggu gw pergi sama dia dengan kebaikannya dia yang luar biasa gak bakal ada berantem lagi. Ternyata enggak. Salah gw mikir kemaren Yuri yang selalu ada dalam waktu susah gw. dia selalu menyusahkan waktu tidak susah gw.
Gw diterima dengan baik banget sama Sam ketika nyampe di appartementnya. Dia gak berubah, meskipun gw udah mutusin adeknya. Dia masih ramah kayak dulu, masih baik banget. Apa jangan-jangan cuman acting? Hush!! Orangnya emang baik kenapa gw mesti pertanyain lagi coba?
“William udah cerita semuanya Lov ke aku. Aku minta maaf ya gara-gara aku hubungan kalian jadi renggang terus berakhirnya gak enak.”
Gw gak faham kemana arah pembicaraan ini berjalan. Sam minta maaf ? dia kayaknya gak pernah ikut campur sama hubungan gw sama William. Dia juga gak pernah repot ngatur gw dan William.
“Mungkin sekarang kamu benci banget sama Liam, tapi seharusnya kamu bencinya ke aku bukan dia. Dia gak salah, dia merasa bersalah atau apa yang udah aku lakuin.”
“Maksud kakak…?”
“Saat itu Liam udah di Bali, dia udah nyiapin semuanya. Tapi aku malah ngerusak semua, semuanya…”
Nyiapin semua? Nyiapin apa? Bali? Apa yang udah William siapin di Bali? Sebenernya apa yang terjadi? Kenapa feeling gw jadi gak enak? Jangan-jangan emang bener gw salah gak ngasih hak bicara ke William.
“Awalnya aku nolak, tapi waktu itu aku terpaksa menerima donor dari William. Kondisi aku drop, aku udah kayak hidup segan matipun tak mau. Akhirnya ibu nelfon Liam buat datang ke rumah sakit, ngejalanin operasi. Dia gak bisa nolak, karena kondisi aku saat itu udah parah banget.”
Mata Sam berkaca-kaca. Gw memegang kedua tangannya, untuk menenangkan. Udah empat bulan berlalu, dan gw baru tau alesannya kenapa sekarang.
“Pasca operasi dia maksa buat ketemu kamu, tapi dokter ngelarang dia terbang dul. Pas udah boleh, dia dikejar deadline acara. Dia gak mau bilang ini salah aku karena he’s too care about me. And I hate it.”
“Hari pas aku putus sama William, aku ketemu sama seorang wanita kak, dan Liam ngomongin dia tuh kayak menggebu-gebu banget. Kayak menunjukan dia loh cewe type gw banget. Dan itu… gak enak banget.”
“Kalau kamu punya Dika, Liam punya Helen. Itu singkatnya.”
 Sam menjelaskan siapa Helen. Setelah Liam memutuskan untuk pergi dari rumah, meniti karir sendirian, dia ketemu Helen. Dan Helen yang selalu ngebantu dia dalam bermusik. Tapi antara mereka berdua gak ada apa-apa, karena pada kenyataannya Helen udah menikah dan punya anak. Tapi hubungan mereka gak bakal berakhir karena mereka udaah nganggep satu sama lain sebagai saudara.
Kayaknya analogi persamaan dengan Dika beda deh. Gw gak nganggep Dika sebagai saudara gw dan itu beda. Biarinlah analoginya beda, yang gw perlu tau kan si Helen ini ternyata soul sisternya Liam dalam bermusik dan kehidupan.
“Maaf kalau aku baru bisa ngejelasin ini semuanya sekarang. Liam yang selalu ngelarang aku. Tapi aku udah gak tahan lagi ngeliat perilaku Liam akhir-akhir ini. Dia yang minta kita sekeluarga pindah ke U.S, terus dia berniat berhenti dari music, dan aku bisa ngerti karena apa.”
“Berhenti bermusik? Karena putus dari aku?”
“Gak sekedar putus dari pacaran, Lov. Sebenarnya pas di Bali, pas dia mau nyusul kamu, dia udah mau ngelamar kamu..”
Dan perasaan gw sekarang udah kacau balau dengar perkataan Sam. Ngelamar? Ternyata dia serius kan sama gw? salah kan gw gak minta Liam ngejelasin semuanya waktu itu, salah kan gw main mutusin kalau kita berdua putus, salah kan gw? ternyata selama ini feeling gw bener. Gak mungkin karena sibuk doang dia menghilang, dia gak dateng di saat dia janji.
Gw pulang ke rumah dengan perasaan dan pikiran yang kemana-mana. Timing is everything. Tapi tahu semuanya baru sekarang telat, semuanya udah berakhir, gak ada yang bisa di benerin lagi. Ini lebih complicated dari yang gw bayangin. Pertama dia pergi karena Sam leukemia dan butuh donor dari dia, kedua dia ke Bali mau ngelamar gw di tempat yang paling gw suka, di pantai, ketiga gw over jealous sama orang yang ternyata udah di anggap saudara sama dia, keempat Liam mau berhenti bermusik karena gw, kelima gw tahu ini semua baru sekarang.
Gw pulang ke rumah Vera, gw butuh orang untuk ngebantuin masalah gw. dia kaget pas ngedenger cerita gw, yang tadi Sam ceritain. Ngelamar gw, itu yang menjadi topic utama. Vera tahu banget gw udah pengen banget nikah, menjauhi pikiran perawan tua.
“Dan sekarang dia udah jauh banget, Lov.”
“Dan udah terlambat juga kan, Ver.”
“Tapi sayang banget dia kalau berhenti bermusik. Maksud gw, karir dia lagi ngawang-ngawang di atas kan? kata Tyas, Rybak bakalan make dia buat world tour nanti.”
“He loved me more than I know. I was wrong.”
“You never know a good things till its gone. One question, do you still love him?”
Pertanyaan yang sama yang biking w berantem lagi sama Yuri. Am I still love him? Yes, I am. Especially now, after I know what was happened. Vera ngangguk, padahal gw belom jawab pertanyaannya. Dia seakan tahu apa yang sedang gw pikirin.
“Gak ada kata terlambat buat kebahagian kan, Lov? Kalau emang itu bukan kebahagian untuk kalian berdua sebagai pasangan, itu bisa buat kebahagian untuk William dan juga lo Lov. Ngeliat William bermusik itu pasti bahagia banget kan?”
Vera bener, bener banget. Tapi munafik kalau gw bilang gw akan mendahulukan kebahagian William dalam bermusik. Gw masih egois, gw masih mau mendahulukan kebahagian gw. tapi entah mana yang mau di dahuluin, gw masih bingung sekarang mesti gimana. Nyusul William ke U.S, mengemis untuk balikan? Mengemis untuk dia kembali bermusik?  Apa gw bisa kayak gitu? Jauh-jauh ke negeri paman Sam cuman untuk meminta sesuatu yang gak belom pasti? Belom lama gw memutuskan untuk move on dari William, tapi sekarang gw dalam kegalauan untuk move back lagi.
“Lovina, mas Naya boleh masuk?”
besok malamnya, setelah pulang kantor, ketika gw lagi ngelamun di kamar, mas Naya ngetok kamar gw dan minta ngobrol berdua.
“Menurut kamu, mas Naya berlebihan gw sih waktu itu sama William?”
“Berlebihan gimana?”
“Ya sampai ngelarang kamu nemuin dia lagi? Mas Naya kok kayak ikut campur kehidupan kamu yah?”
“Enggak kok, mas. Mas Naya bener kok gituin aku, itu menunjukan mas Naya sedang menjadi kakak yang baik.”
Ngomong apaan sih gw? jelas-jelas waktu itu gw takut banget kalau mas Naya tau gw ke Singapore. Jelas artinya gw gak mau mas Naya ikut campur masalahh gw sama William. Tapi lebih baik dia kayak gitu dari pada gak peduli sama sekali.
“Karyawan aku ada yang penggila music-musik orchestra gitu. Terus dia ngefans sama William. Tadi siang dia datengin ruangan aku cuman mau ngomong, ‘pak Naya, adeknya masih sama William gak? Tolong dong bilangin ke William jangan berhenti bermusik. Saya mau ngefans sama siapa lagi dong?’ gitu katanya.”
“Hah? Dia tau dari mana?”
“Myspace. Pas aku buka myspace nya, dia bikin video kalau dia mau quite dari music. Dan mau menjadi pebisnis seperti apa yang dimau orang tuanya.”
“Point kakak apaan sih?”
“Point aku adalah aku gak kepikiran kalau kamu itu ngaruh banget dalam kehidupannya William. Pasti ada sebab dari semua yang dia lakuin ke kamu. Kalau enggak ada, gak mungkin dia mutusin untuk berhenti bermusik setelah putus dari kamu dan ketika karirnya lagi di puncak.”
“Aku bingung harus gimana, mas. Aku kira cuman aku doang yang nganggep serius, tapi dia juga ternyata.”
“Minggu depan, aku, kak Asma sama Dika mau ke New York. Aku ada symposium dan sekalian mau jalan-jalan sama keluarga. Kamu kalau mau ikut, aku bayarinl. Gak pernah ada kata terlambat, Lov.”
Bating w bergejolak. Apakah gw akan pergi? Gak tau. Kenapa hidup gw ribet gini sih? Muter-muter mulu. Gak pernah ada titik selesainya. Ya emang sih kalau hidup ini selesai artinya gw mati, tapi bukan itu maksudnya. Masalah ini loh, muter terus kayak siklus makanan. Kapan selesai? Kenapa harus dibikin rumit gini?


No comments:

Post a Comment