Best Island
Beautiful Island
Beautiful Beach

Saturday, May 28, 2011

Pengertian Belajar Pengertian Model Pembelajaran

Pengertian Belajar Pengertian Model Pembelajaran - Setiap manusia akan mengalami proses belajar dalam hidupnya. Pengertian belajar secara singkat adalah adanya perubahan perilaku. Sedangkan istilah pembelajaran sangat berhubungan erat dengan pengertian belajar dan mengajar. Belajar, mengajar dan pembelajaran akan berjalan secara bersama-sama.


Pengertian belajar menurut T. Raka Joni adalah perubahan tingkah laku yang disebabkan oleh matangnya seseorang atau perubahan yang bersifat temporer. Dari pengertian belajar ini dapat disimpulkan bahwa belajar adalah usaha sadar yang dilakukan tiap individu dan menyebabkan adanya perubahan tingkah laku sebagai responden terhadap lingkungan, baik langsung ataupun tidak langsung.

Menurut pendapat beberapa tokoh pendidikan berikut ini merupakan pengertian dari model pembelajaran :

1. Terdapat metode dan sistem yang digunakan sebagai sebuah pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial.

2. Kata model dalam pembelajaran merupakan bentuk representasi akurat sebagai proses actual yang memungkinkan seseorang atau sekelompok orang untuk mencoba melakukan berdasarkan model itu.

3. Ada juga yang berpendapat kalau pengertian model pembelajaran akan mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya memiliki tujuan-tujuan pembelajaran, terdapat tahap-tahap kegiatan di dalam proses pembelajaran, lingkungan pembelajaran serta pengelolaan kelas.

No comments:

Post a Comment