Best Island
Beautiful Island
Beautiful Beach

Monday, May 30, 2011

Kebudayaan Daerah Jawa Tengah

Kebudayaan Daerah Jawa Tengah - Provinsi Jawa Tengah yang terletak di bagian tengah pulau Jawa beribukota di Semarang. Kalu melihat letak geografis wilayahnya, yang termasuk Kebudayaan daerah di provinsi ini adalah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Ada anggapan kalau Jawa Tengah sebagai jantung dari kebudayaan jawa. Dan ini menjadi kekayaan budaya Indonesia yang perlu di lestarikan dan di kembangkan.

Penduduk mayoritas provinsi di Jawa Tengah adalah dari Suku Jawa. Provinsi Jawa Tengah sejak lama sudah dikenal sebagai pusat budaya Jawa, Anda pasti sudah tahu kalau kota Surakarta dan Yogyakarta dulu merupakan pusat istana kerajaan di pulau Jawa, dan bahkan sekarang ini juga masih berdiri.

Untuk wilayah kabupaten, Jawa Tengah ada kurang lebih 29 daerah kabupaten dan tentu saja masing-masing daerah juga memiliki seni dan budaya yang menarik walaupun semua bersumber dari budaya Jawa.

Salah satu karya yang sangat mempesona dan menjadi bagian dari budaya Jawa Tengah adalah batik. Di provinsi jawa tengah hampir setiap daerah memiliki corak Batik tulis yang berbeda beda dengan ciri khas masing-masing daerah. Yang terkenal adalah batik Pekalongan dan Batik Solo. Sedangkan di bidang seni ada wayang kulit yang sudah dia di akui oleh dunia sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Sedangkan di bidang seni musik ada tembang tembang jawa yang alat musiknya diiringi dengan alat musik gamelan.

Sebetulnya masih banyak sekali kebudayaan daerah Jawa Tengah yang belum di tulis di sini. Dari mulai tarian, upacara adat, seni musik hingga event tahunan yang manarik untuk menunjang Wisata Jawa Tengah.. Tunggu tulisan selanjutnya yo...

No comments:

Post a Comment