Best Island
Beautiful Island
Beautiful Beach

Monday, June 7, 2010

Motor baru 2010 Suzuki TITAN 115 cc

Berbeda denga Yamaha yang menelurkan motor skutik, Suzuki akan menambah varian underbone atau bebeknya lewat Suzuki Titan 115 cc  Suzuki memilih meluncurkan Titan 115 cc.
Suzuki Titan cukup membuktikan keiritan bensin yang diminumnya. Low underbone Suzuki ini meminum 1 liter untuk menempuh perjalanan sekitar 64,33 km.
Itu merupakan hasil pengukuran rata-rata lomba irit BBM yang digelar PT Suzuki Indomobil Sales di Yogyakarta.
Untuk konsumsi bensin teririt dalam lomba irit tersebut sebanyak 1:76,2 atau 1 liter untuk 76,2 km. Sedangkan yang terboros mencapai 50,23 km untuk 1 liter bensinnya. Ada sekitar 20 peserta lomba irit.

Untuk pengendalian dan stabilitas, diuji di jalanan umum Yogyakarta dan dipandu motor polisi, motor ini termasuk oke! Tanpa boncengan, melaju dengan gigi 3 dan digeber dari kecepatan 30 km/jam (keluar dari tikungan), mesin terasa rensponsif. Namun, informasi dari teman wartawan yang berboncengan, untuk mendapatkan tarikan yang responsif, harus mulai dari gigi 2 dan melaju pada kecepatan 20 km/jam.
Suara mesin cukup halus. Getaran pada knalpot terasa halus. Sementara pada kaca spion tidak terdeteksi getaran yang mengganggu penglihatan.  Suspensi nyaman, perpindahan gigi lancar, dan rem sangat baik. Namun, akselerasi dan kecepatan tertinggi yang belum diketahui. Setang juga mudah dikendalikan.









Apa beda Suzuki Smash Titan 115 dengan Smash 110? “Titan total baru, baik mesin maupun modelnya,” jawab Joko Utomo, GM PT Suzuki  Indomobil Sales Roda-2. Sesuai dengan tambahan angka di belakang, ada perbedaan pada kapasitas mesin. Kalau Smash 110 cc, maka Titan 115 cc. “Sebenarnya hanya naik 3 cc atau menjadi 113 cc,” tambah Setiawan Surya, Direktur Pemasaran SIS R-2.

Dengan perubahan pada mesin, performa Titan sedikit lebih baik dari Smash. Di Thailand, Titan ini disebut New Smash, sedangkan versi lama dengan mesin 110 disebut Smash Revo.

Dimensi
. Dari dimensi tak banyak berubah. Namun, jarak sumbu roda lebih panjang 15 mm (lihat tabel). Kendati demikian, berdasarkan data dari PT SIS, ternyata Titan standar lebih berat 4 kg dari Smash. Bila menggunakan rem cakram dengan casting wheel, maka berat bertambah 2 kg sehingga total berat 102 kg.


Penampilan
. Lampu dan tudung depan sekilas mirip karena format lampu depan dan penempatan lampu sein pada tudung depan serupa. Namun, bagian belakang lampu depan Titan bundar, sedangkan Smash bersudut tajam. Lampu sein posisi juga di bawah. Desain sepatbor depan juga berbeda.

Panel instrumen
. Titan dengan desain 3D terdiri dari dua bagian, spidometer bulan dengan dasar putih, di dalam ada trip meter dengan dasar hitam. Indikator gigi, mulai dari bawah, naik ke atas.

Knalpot dan lampu belakang
. Knalpot hanya berlapiskan krom. Titan polos tanpa aksentuasi seperti Smash. Adapun lampu belakang, kendati formatnya sama merah di tengah dan putih di samping, ada sedikit perbedaan di sudut-sudut lampu. Lantas, behel atau pegangan belakang pada Titan dicat hitam.

Mesin
. Penambahan kapasitas dilakukan dengan perubahan pada diameter dan langkah mesin. Posisi mesin Titan lebih tegak dan katupnya lebih panjang. Hal itu dilengkapi dengan throttle position switch (TPS) yang digunakan juga pada Shogun.

Mesin Titan, adalah tipe long stroke atau langkah panjang. Ini bisa dilihat dengan diameter silinder 51 mm dan langkah 55,2 mm atau lebih panjang 7,6 mm dari Smash 110.  
Hasilnya, tenaga mesin naik 0,1 PS, sedangkan torsi naik cukup besar, yaitu 1,7 Nm.  Perubahan ini dilakukan agar konsumsi bahan bakar lebih irit.


Spesikasi Smash Titan 115 vs Smash 110
Dimensi (mm)
Smash 110
Titan 115
Panjang
1.916
1.930
Lebar
650
655
Tinggi
1.050
1.050
Jarak sumbu roda
1.225
1.240
Jarak mesin ke tanah
137
140
Tinggi sadel
775
755
Berat             (kg)
96
100, 101, 102 (*)
Mesin
 
 
Tipe
4-tak, SOHC
Mesin
Kapasitas
110 cc Mesin
113 cc
Diameter x langkah
53,5 x 48,8
51,0 x 55,2
Perbandingan kompresi
9,5: 1
9,5 : 1
Tenaga maks (PS @rpm)
8,3 @8.000
8,4 @8.000
Torsi maks      (Nm @rpm)
8,2 @5.000
9,9 @5.000
Karburator
Mikuni VM 18SH
Mikuni VM 18SH


No comments:

Post a Comment