Best Island
Beautiful Island
Beautiful Beach

Friday, May 13, 2011

Mepeed @ Gianyar

DSC_7381


Ada banyak rangkaian upacara di Bali, salah satunya upacara Mepeed, sebelumnya saya sdh pernah posting ttg upacara ini, tapi sekedar untuk mengingatkan upacara Mepeed adalah Upacara semacam parade yang diikuti oleh para perempuan Bali yang mengusung Gebogan yaitu rangkaian buah dan aneka jajanan tradisional Bali yang dihiasi dengan aneka janur setinggi kurang lebih 1 meter yang dibawa secara berjalan kaki dari Banjar menuju ke Pura Kahyangan Desa.

DSC_7372_filtered


Upacara Mepeed merupakan salah satu rangkaian kegiatan upacara piodalan di pura yang bertujuan sebagai ungkapan rasa terima kasih umat Hindu Bali kepada Sang Hyang Widhi dengan menhanturkan persembahan. Piodalan biasanya dilaksanakan setiap 6 bulan sekali jadi klo mau liat upacara pastikan jadwalnya karena biasanya upacara ini berbeda2 di setiap desa.

DSC_7311 copy_filtered copy


Kali ini Desa Pranian di daerah Gianyar melaksanakan upacara Mepeed, Acara iring2an dimulai dari jam 3 sore semua masyarakat desa memenuhi jalan untuk mengikuti upacara ini. Yang menarik bukan cuma perempuan dewasa yang ikut parade tersebut tetapi anak-anak kecil desa juga ikut di dalam barisan.

DSC_7294


DSC_7284


Berbekal informasi dari salah satu teman kantor saya berdua hubby sudah prepare dari siang ke tempat ini tapi dengan bodohnya ternyata baterai kamera saya habis karena lupa di charge full semalam (ini salah satu kebodohan yang hrs dihindari utk para travelling) jadi terpaksa untuk photo2 saya serahkan keseluruhan upacara yang menarik ini untuk di potret oleh sang hubby dan bisa dipastikan hasilnya memang lebih bagus dari hasil jepretan saya pastinya ^_^.....

No comments:

Post a Comment