Best Island
Beautiful Island
Beautiful Beach

Wednesday, May 25, 2011

Gempa Bandung Prediksi 13 Daerah Kecamatan di Kota Bandung Berpotensi Terancam Gempa

Gempa Bandung Prediksi 13 Daerah Kecamatan di Kota Bandung Berpotensi Terancam Gempa - Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia di prediksikan terancam gempa. Berdasarkan Peta Sebaran Daerah Potensi Bencana yang dimiliki Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandung, 13 Kecamatan memiliki potensi gempa.


Kecamatan-kecamatan tersebut, adalah Bandung Kulon, Bandung Wetan, Batununggal, Bojongloa Kaler, Cicendo, Cinambo, Coblong, Kiaracondong, Lengkong, Regol, Sukajadi, Sukasari, dan Sumur Bandung.

Menurut Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandung Kamalia Purbani, 6 kecamatan lainnya juga memiliki potensi bencana terjadinya tanah longsor, yakni Cibiru, Mandalajati, Ujungberung, Cibeunying Kaler, Cidadap, dan Coblong.

Sementara itu, untuk peta bencana berupa sebaran penyakit seperti AIDS, berada hampir di seluruh kecamatan. Menurutnya, Kota Bandung sampai saat ini belum memiliki Lembaga mitigasi bencana yang mengurangi dampak bencana tersebut.

Peneliti di Pusat Survey Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Engkon K Kertapati mengungkapkan kekuatan gempa di Kota Bandung maksimal 6,3 skala Richter dengan pusat gempa dari patahan Lembang.

Engkon menjelaskan, kawasan yang paling rawan terkena dampak gempa yaitu bagian selatan Kota Bandung, apabila dibandingkan dengan bagian utara. Pasalnya, tanah di kawasan Bandung bagian utara lebih padat dibandingkan selatan. (inilahjabar.com)

No comments:

Post a Comment